Selasa, 15 Maret 2016

Cara Merawat Hand Stacker


Hand Forklift atau bisa disebut dengan Hand Stacker adalah salah satu alat untuk memudahkan anda memindahkan barang barang berat atau barang barang dengan jumlah yang banyak sekaligus. Alat ini sangat efektif untuk anda gunakan terutama bagi perlengkapan perlengkapan alat industri yang sering memindahkan barang dalam jumlah banyak dan memiliki bobot berat yang besar sehingga memudahkan dalam melakukan pekerjaan. Penggunaan hand forklift secara terus menerus setiap harinya akan menjadikan alat ini tidak terkontrol pada bagian bagian tertentu sehingga menjadi bahaya yang fatal jika anda mengabaikannya. Bagian bagian alat yang biasanya berakibat fatal terutama pada bagian mekanik yang cenderung mengalami aus ketika digunakan secara terus menerus. Perawatan hand forklift ini bukan hanya untuk keamanan dan meminimalisir bahaya tapi juga merupakan pemanfaatan fungsi dari setiap komponen yang digunakan. Jadi dibutuhkan perawatan secara profesional dan berkala agar alat ini mampu bertahan lama dan berfungsi dengan baik sehingga tidak membahayakan pekerjaan dan orang orang disekitarnya.





Berikut cara merawat hand forklift yang baik agar mampu berfungsi secara maksimal dan awet dalam jangka panjang yang akan menunjang kinerja alat ini secara maksimal :

1. Pemeriksaan Cairan Secara Teratur
Cairan cairan ini terutama pada bagian pendingin, oli, hidrolik, transmisi dan bahan bakar. Periksalah cairan cairan tersebut agar hand forklift mampu bekerja dengan baik dan maksimal selama proses pekerja. Periksalah cairan cairan tersebut secara teratur dan berkala agar tidak kehabisan ketika proses pemakaian.

2. Menggunakan Minyak Pada Bagian Bagian Aktif
Hand forklift memiliki bagian bagian yang bergerak secara aktif ketika digunakan terutama pada bagian garpu penyangga depan dan bagian pedal. Bagian bagian ini diwajibkan selalu dalam kondisi licin atau basah karena pada bagian ini akan terjadi gesekan, artinya jika pada bagian ini kering maka akan mengakibatkan sebuah bahaya bagi pengguna ataupun bagi orang orang disekitarnya.

3. Charge
Jika anda menggunakan hand forklift yang menggunakan tenaga gas, tenaga baterai, tenaga listrik untuk melakukan kegitan secara elektrik maka harus dipastikan dicharge dengan penuh agar tidak kehabisan ketika pemakaian.

4. Gauges Berfungsi Dengan Baik
Gauges ini merupakan alat utama dalam pengecekan karena alat ini akan memberikan peringatan ketika ada bagian-bagian komponen pada hand forklift tidak berfungsi dengan baik atau rusak. Jadi harus dipastikan kalau alat ini berfungsi dengan baik agar bagain bagian  yang rusak pada komponen lain mampu terdeteksi sejak awal.

5. Fungsi Setiap Komponen
Pastikan setiap komponen komponen yang fatal berfungsi dengan baik sebelum pemakaian dan selalu memantau bagian bagian tertentu yang memungkinkan akan berubah ketika dipakai agar kecelakaan mampu dikurangi. Bukan saja pada bagian bagian fatal saja tapi seluruh bagian bagian dari hand forklift ini berfungsi sebagaimana mestinya.
Itulah cara perawatan hand forkliftyang harus anda perhatikan agar alat ini dapat berfungsi dengan maksimal dan mampu meminimalisir kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar